News
Kemperin akui pembaharuan tax holiday lebih menguntungkan
Kontan | 08 June 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian mengungkapkan bahwa pembaharuan tax holiday yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35 tahun 2018 lebih menguntungkan daripada sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Kementeian Perindustrian melalui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Ngakan Timur Antara, saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (7/6).

"Kalau tax holiday sudah keluar berdasarkan PMK Nomor 35 tahun 2018. Strukturnya lebih bagus dibanding yang sebelumnya," kata Ngakan.

Ngakan menjelaskan secara terperinci bahwa saat ini pengusaha sudah lebih mudah dalam melakukan investasi. Ini jelas berbanding terbalik dengan kondisi sebelumnya dimana peraturan tidak memberi kepastian kepada pengusaha.

"Jadinya kan industri perusahaan tidak ada kepastian apakah dapat 10 tahun atau 5 tahun, atau berapa. Beda dengan sekarang," katanya.

Sebelumnya nilai investasi yang dipatok adalah Rp 1 triliun, sedangkan saat ini turun di angka yang lebih kecil yakni Rp 5 miliar. Nilai investasi kecil ini sejalan dengan jenjang waktu yang lebih panjang.

"Batasan waktunya 5 sampai 20 tahun. Kalau mereka yang investasi Rp 30 triliun ke atas akan dikasih tax holiday 20 tahun lamanya," ujarnya.

Rentang waktu ini lebih fleksibel di mana dalam peraturan baru terdapat rentang waktu mulai dari 5, 10,15 hingga 20 tahun. Ini bergantung dari jumlah investasi yang dilakukan.