News
Dear All, Berikut disampaikan update peraturan: 1). KEP-271/PJ/2018 tentang Kebijakan Perpajakan Sehubungan Dengan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami Di Wilayah Donggala, Palu dan Sekitarnya. Regards,
Kontan | 03 October 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana pemerintah memperluas penerapan kebijakan pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan atau tax holiday dipandang positif oleh pengusaha.

Perluasan tax holiday tersebut diharapkan lebih ditujukan pada sektor industri turunan atau hilir, terutama yang memiliki potensi ekspor tinggi.

Ketua Bidang Perpajakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Siddhi Widya Pratama, mengatakan, perluasan tax holiday memang perlu dilakukan lantaran kebanyakan sektor yang menerima kebijakan tersebut sebelumnya hanyalah sektor industri dasar atau sektor hulu.

"Bisa juga diperluas ke sektor industri turunan (hilir). Turunannya dari sektor hulu yang kemarin sudah memperoleh tax holiday itu," ujar Siddhi kepada Kontan.co.id, Rabu (3/10).

Siddhi menilai, pemerintah harus jeli memilah sektor yang potensial. Selain itu, ia juga berpendapat, kebijakan tax holiday tidak hanya mencakup soal jenis sektornya, tetapi juga memberi keringanan terhadap jumlah minimal investasinya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar perluasan tax holiday mencakup industri yang padat karya. "Alangkah baik kalau industri tersebut memiliki hasil output yang bisa untuk ekspor juga. Sekalian meningkatkan DHE (devisa hasil ekspor)," tuturnya.